News

Pengetian Songket

Pengetian Songket

Pengertian orang tentang songket adalah kain yang ditenun dengan menggunakan benang emas atau benang perak dan dihasilkan dari daerah-daerah tertentu saja. Seperti songket Palembang, songket Minangkabau, songket Samarinda dan lain-lain.
Kata songket berasal dari kata sungkit dari kata kerja menjungkit benang.

Sedangkan kalau dilihat dari arti khususnya sendiri, sungkit adalah jarum dari tulang dipergunakan untuk menyulam. Kain sungkit adalah kain yang disulam. Sedangkan bersungkit berarti menusukkan, menembus atau memasukkan benang. Para ahli sejarah mengatakan bahwa kerajaan Sriwijaya sekitar abad 11 setelah runtuhnya kerajaan Melayu, memegang posisi perdagangan laut dan hagemoni perdagangan dengan luar negeri. Konon kabarnya pada sekitar abad kedelapan, kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan kaya raya, sehingga emas sebagai logam mulia melimpah ruah. Sebagian emas itu kemudian dikirim ke negara Siam, diaman di negara tersebut emas tadi diolah dan dijadikan benang emas untuk kemudian dikirim kembali ke kerajaan Sriwijaya.


Dalam hubungannya dengan benang emas, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa benang emas itu sendiri sebagai benang yang diimport atau didatangkan dari Cina dari kota Canton bersamaan dengan didatangkannya juga benang suteranya. Sejarah dan kebudayaan Palembang tampak bahwa kejayaan masa lampau tercermin salah satu diantaranya dalam unsur-unsur kebudayaannya antara lain dalam pakaian adat, rumah adat,bentuk ukiran dalam ukiran kayu, logam emas, perak, dan sebagainnya. Eams yang melimpah ruah ketika zaman kerajaan dulu tercermin dari penggunaan emas dalam tenunan kain songket dan arti emas dalam bentuk rumah adat limasan.


Masyarakat Palembang dulu sebelum Perang Dunia II membuat kain songket yang asli dengan benang emas murni dengan benang emas empat belas karat. Itu sebabnya ketika kain sutera dasar kainnya menjadi lapuk karena usianya yang cukup kuno, maka benang-benang emas ditarik dari kain yang sudah lapuk tersebut lalu menenunya kembali pada sutera yang baru. Karena kain songket dengan kualitas yang terkenal tersebut, yang disebut dengan benang emas cap jantung , maka tenunan songket asli disebut songket jantung atau songket cabutan. Karena cabutan dari benang yang sudah lama.

Di Palembang kain songket dibedakan antara songket dengan desain benang emas yang penuh dimana disebut Songket Lepusdan songket dengan desain benang emas yang tersebar disebut Songket Tawur yang berarti dengan benang mas yang bertabur atau berserak. Songket memang erat hubungannya dengan wanita, hal ini tampak dengan banyaknya motif bunga yang diterapkan. Seperti bunga mawar, bunga melati, bunga tanjung, dan lain-lain. Setiap motif memiliki arti yang terkandung di dalamnya, seperti mawar yang mempunyai arti perlambangan sebagai penawar malapetaka. Motif melati melambangkan kesucian dan sopan santun. Bunga tanjung yang berati keramah-tamahan sebagai nyonya rumah sebagai lambang ucapan selamat datang.


Menurut Yudhy Syarofie dalam Songket Palembang-nilai filosofi, jejak sejarah, dan tradisi, hal.16. “Warna pada kain songket mencerminkan status sosial dari si pemakai pada waktu ketika itu, seperti kain songket warna hijau, merah, kuning dipakai oleh janda, sedangkan warna yang cerah melambangkan bahwa mereka ingin menikah lagi. Warna merah dan emas terang sebagai motif yang menjadi ciri khas songket-pada masa perkembangan awal- adalah dua warna utama tradisi Cina. Dari tinjauan semiotik, warna ini mengandung dua makna. Merah bermakna berani, sedangkan kuning (emas) bermakna kekayaan, kejayaan dan kemakmuran”.


Di dalam penggunaan kain songket Palembang yang agung dan mahal, kain songket ini menjadi harta pusaka dan diturun temurunkan. Penyimpanan kain songket sama bernilainya dengan menyimpan uang milik satu keluarga. Kemewahan songket lepus menunjukkan kedudukan yang tinggi dari si pemakai. Bahkan dulu songket lepus dala pakaian adat disebut Aesan Gedehyang dulu khususnya dipakai oleh putra-putri raja dalam upacara kebesaran. Karena songket dibuat di lingkungan keraton oleh orang-orang keraton, pemakai dan pemakaiannya sesuai dengan cara membuat, motif, dan teknik pendesaiannya. Untuk tiap lembar songket yang dibuat, tiap kembangnya yang tertata, selalu ada filsafat, ada kehendak yang ingin disampaikan. Tiap desain songket tak hanya memiliki arti estetis. Lebih dalam lagi, ada filosofi yang kuat dan dalam untuk tiap detailnya.

Secara umum, nilai filosofis ketatanegaraan, politik, dan pertahanan itu, tergambar lewat rangkaian motif yang terdapat di songket. Hingga kini-meski telah ada perubahan, baik akibat modifikasi maupun ketidaktahuan-rangkaian detail itu masih dipakai. Ibaratnya, “kerangka” detail motif itu telah menjadi pakem pada songket. Secara garis besar, motif dalam songket terdiri atas kembang tengah sebagai motif inti, kembang ini kemudian- secara berturut-turut dari lingkar terdalam hingga terluar, dikelilingi ombak, umpak bongkot atau pangkal, tawur, pengapit, umpak ujang,dan tretes. Motif yang mengelilingi kembang tengah ini memiliki filosofi yang dapat memberikan bagaimana sifat, kondisi, dan kebijakan negara dalam bidang tatanegara, politik, dan pertahanan.

Sumber : Syarofie, Yudhy. Songket Palembang. Nilai filosofi, jejak sejarah, dan tradisi.Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Palembang

Latest News

News Sejarah Songket PalembangSejarah Songket Palembang
Indonesia letaknya strategis bagi lalu lintas perdagangan Asia tenggara. Daerah-daerah pantai di Kepulauan Indoensia sejak beratus-ratus tahun yang lalu telah menunjukkan adanya unsur-unsur pengaruh akibat hubungan perdagangan.
Read more
News Pengetian SongketPengetian Songket
Pengertian orang tentang songket adalah kain yang ditenun dengan menggunakan benang emas atau benang perak dan dihasilkan dari daerah-daerah tertentu saja. Seperti songket Palembang, songket Minangkabau, songket Samarinda dan lain-lain.
Read more
Keunggulan GRATIS PENGIRIMAN KE IBUKOTA JAKARTA  pro1 43x27
GRATIS PENGIRIMAN KE IBUKOTA JAKARTA
Keunggulan 4 HARI PENUKARAN BARANG pro3 43x27
4 HARI PENUKARAN BARANG
Keunggulan BUTIK ONLINE TERPECAYA pro4 43x27
BUTIK ONLINE TERPECAYA
Keunggulan PERTANYAAN  pro5 43x27
PERTANYAAN ?
Keunggulan QUALITY IS OUR PRIORITY untitled 1
QUALITY IS OUR PRIORITY
KONTAK KAMI
Hari & Jam Kerja
Senin - Minggu / 09.30 - 17.00
(Kecuali Hari Libur)
Email
info@songketpalembang.co.id
Telepon
+62 813 1166 5224
HP
+62 813 1166 5224
JASA PENGIRIMAN
Other Information Jasa Pengiriman 1 jp2_88x36Other Information Jasa Pengiriman 2 jp3_88x36Other Information Jasa Pengiriman 3 jp4_88x36
NEWSLETTER
SOCIAL
0813.1166.5224
@pdw9237q
58687B37

Payment Method

Other Information Payment Method 1 bank_2_200_x_150Other Information Payment Method 2 bank_3_200_x_150Other Information Payment Method 3 bank_4_200_x_150Other Information Payment Method 4 masterOther Information Payment Method 5 visa_416x4161Other Information Payment Method 6 cicilan
Copyright © 2017-2018 - Tujuh Saudara All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKT